Wujudkan Maluku Utara Maju

Kami membuka kesempatan bagi putra-putri terbaik bangsa untuk bergabung dan berkontribusi dalam pembangunan daerah melalui rekrutmen yang transparan dan profesional.

Lihat Detail

REKRUTMEN CALON ANGGOTA KOMISI INFORMASI

Jadwal Penting Pelaksanaan Rekrutmen

Mulai Pendaftaran:
20 Oct 2025
Selesai Pendaftaran:
31 Oct 2025
Pengumuman Administrasi:
03 Nov 2025
Tes Potensi
06 Nov - 06 Nov 2025
Pengumuman Hasil Tes Potensi
11 Nov - 11 Nov 2025
Psikotes dan Dinamika Kelompok
16 Nov - 18 Nov 2025
Wawancara
24 Nov - 25 Nov 2025
Pengumuman Hasil Psikotest dan Wawancara
01 Dec - 02 Dec 2025
Penyampaian Hasil ke Gubernur
03 Dec - 09 Dec 2025
Berakhir:
10 Dec 2025

Daftar Lowongan Tersedia

Temukan posisi yang tepat untuk Anda dan mulailah karir Anda bersama kami.

I. KETENTUAN UMUM

A. Deskripsi Tugas

Komisi Informasi bertugas:

  1. Menetapkan prosedur pelaksanaan penyelesaian sengketa melalui mediasi dan/atau Ajudikasi non litigasi;
  2. Menerima, memeriksa, dan memutus sengketa informasi publik di daerah selama Komisi Informasi provinsi dan/atau Komisi Informasi kabupaten/kota belum terbentuk; dan;
  3. Memberikan laporan pelaksanaan tugasnya berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 kepada Gubernur Maluku Utara dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Maluku Utara setahun sekali atau sewaktu-waktu jika diminta.

B. Persyaratan Umum

  1. Warga negara Indonesia;
  2. Memiliki integritas dan tidak tercela;
  3. Tidak pernah dipidana karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana 5 (lima) tahun atau lebih;
  4. Memiliki pengetahuan dan pemahaman di bidang keterbukaan Informasi Publik sebagai bagian dari hak asasi manusia dan kebijakan publik;
  5. Memiliki pengalaman dalam aktifitas Badan Publik;
  6. Bersedia melepaskan keanggotaan dan jabatannya dalam Badan Publik apabila diangkat menjadi anggota Komisi Informasi Provinsi Maluku Utara;
  7. Bersedia bekerja sepenuh waktu;
  8. Berusia paling rendah 35 (tiga puluh lima) tahun; dan
  9. Sehat jiwa dan raga.

II. TATA CARA PENDAFTARAN

Pendaftaran dan penyampaian dokumen kelengkapan administrasi hanya dilakukan secara daring melalui laman https://e-rukrutmen.malutprov.go.id dengan mengunggah hasil pemindaian (scan) dokumen sebagai berikut:

  1. Surat pendaftaran yang ditandatangani dan bermeterai Rp.10.000,- (Lampiran 1);
  2. Daftar Riwayat Hidup (Lampiran 2);
  3. Surat Pernyataan Kesediaan Mengundurkan Diri (lampiran 3);
  4. Surat Pernyataan Kesediaan Bekerja Penuh Waktu (lampiran 4);
  5. Surat Keterangan Perwakilan Unsur Pemerintah dari atasan (lampiran 5);
  6. Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK);
  7. Ijazah asli terakhir, khusus untuk Perguruan Tinggi Luar Negeri menyertakan bukti penyetaraan ijazah dari Kemendikbud Ristek;
  8. Pasfoto berwarna terbaru ukuran 4 X 6;
  9. Surat keterangan sehat termasuk pernyataan bebas narkoba dari rumah sakit pemerintah;
  10. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) sekurang-kurangnya dari Polres/Polresta setempat;

Seluruh berkas administrasi merupakan berkas ASLI yang discan dengan format pdf (kecuali foto dan KTP dengan format .jpg) dan ukuran maksimal 5 mb per dokumen dengan nama file: NAMA DOKUMEN_NAMA PELAMAR (contoh: KTP_HASYIM).